Sunday, February 19, 2012

Pahami tujuan anda ngeblog

2 komentar
tujuan ngeblog, cara ngeblog
Sebelumnya Muncul pertanyaan saya kepada anda.
  1. Apakah Anda seorang blogger ?
  2. Berapa lama anda sudah menjadi seorang blogger ?
  3. Apakah anda akan jadikan blog sebagai sumber mata pencaharian anda ? lantas 
  4. Apakah anda pernah mendapatkan penghasilan dari blog ?

saya tidak mengharapkan anda untuk menjawabnya sekarang, atau menuliskan jawabannya dikotak komentar blog saya. saya pasti akan menghapusnya. jadikanlah pertanyaan diatas sebagai tiang motivator yang kokoh dalam perencanaan blog anda. banyak sekali para blogger yang sudah bekerja keras tapi belum bisa untuk menghasilkan penghasilan dari blog. apa terjadi permasalahan, ataukah pengetahuan saya yang masih awam, banyak sekali afiliasi, google adsense, ataupun jasa periklanan yang pernah saya ikuti, akan tetapi semua itu hampa dan tidak berjalan dengan mulus, hal itu dikarena ketidak konsistenan saya memahami tujuan ngeblog.

saya sudah menekuni dunia blog ini hampir selama 5 tahun. pekerjaan ini sangat saya gemari. akan tetapi saya lupa akan hakikat dari sebuah pekerjaan. ternyata sebuah pekerjaan itu harus mempunyai hasil akhir yaitu penghasilan. buang jauh-jauh sikap untuk mempertahankan pendirian, kita harus mengalah dengan aturan, karena yang kita hadapi ini merupakan sebuah aturan yang sewaktu-waktu dapat berubah. apalagi kalo kita sampai mempertahankan pendapat kita yang sudah nyata-nyata salah. pandangan seperti ini saya berikan kepada anda para pembaca artikel, agar tidak mudah putus asa, tanamkan rasa berani mencoba dan carilah info-info terkini seputar optimasi SEO.

untuk itu, mulai dari sekarang anda harus bisa mengetahui tujuan dari anda ngeblog, apabila anda hanya sekedar didasari hobi, maka tekunilah itu. dan apabila anda mempunyai tujuan lain yaitu untuk mendapatkan penghasilan, maka tidak ada salahnya untuk memperhatikan langkah demi langkah dibawah ini. saya sadar akan ketidaksempurnaan saya dalam memberikan dan menjelaskan sesuatu dan bisa dikatakan benar. akan tetapi pelajaran paling berharga yaitu dari pengalaman, saya ingin anda juga turut merasakan apa yang pernah saya rasakan.

sebelum memulai blog ada beberapa hal yang harus anda pahami dan mengerti :
  1. mencoba untuk gambarkan, kira-kira blog apa yang harus anda buat.
  2. anda bisa memilih antara dua pilihan yaitu, ngeblog untuk sekedar hobi, atau ngeblog untuk bisa menghasilkan penghasilan
  3. ketika anda sedang dalam keadaan ngeblog, maka anda dituntut harus bisa mendapatkan informasi terkini dari duni  optimasi blog, menulis dengan jujur, yang jelas tidak ketinggalan info.
  4. carilah blog-blog para master yang dijadikan bahan referensi untuk anda, kalau bisa kopi linknya ke notepad, agar lain kali anda bisa mengunjunginya lagi. 
  5. saran saya, bergabunglah dengan forum-forum blog apa saja. peserta forum tidak diharuskan untuk pintar ngeblog. justru forum merupakan tempat berbagi, untuk itu forum merupakan layanan alternatif untuk anda hobi mencari tahu informasi terkini. 

setelah anda bisa memahami dan mengerti apa yang harus anda lakukan sebelum ngeblog. maka langkah selanjutnya yaitu :
  1. menulis konten blog yang konsisten, (harus sering-sering mengupdate blog dengan postingan yang baru dan bermanfaat. jangan hanya mengandalkan kopi paste dari artikel orang lain)
  2. sadari bahwa orang yang sedang berinternet merupakan orang yang sedang mencari informasi. maka tulislah tulisan yang bermanfaat untuk pengguna. 
  3. jangan ikut-ikutan. tampilkan bahwasanya diri anda seperti ini. buang jauh-jauh sikap yang ikut-ikutan dalam gaya penulisan. lakukan apa yang menurut anda baik. 
  4. perhatikan ejaan kata yang salah. untuk itu sebelum anda melakukan penulisan di blog. maka susunlah kata-katanya di program yang bisa mengecek spiling dan gramar indonesianya. (apabila anda menulis dengan bahasa indonesia)
  5. Bacalah Pedoman SEO Copywriting, mungkin bisa membantu anda dalam struktur penulisan yang mendukung Optimasi SEO blog

tekunilah secara teratur. dan apabila anda tidak mempunyai waktu untuk menulis atau mempostingnya tiap hari, maka buatkan jadwal untuk menulis, dengan itu maka blog anda akan kelihatan new Update conten. sekedar tambahan : bahwasanya sebuah perencanaan yang tepat. maka akan memberikan hasil yang luar biasa pula. tidak ada yang sempurna di dunia ini, untuk itu saran dan tanggapan sangat saya harapkan demi kelangsungan blog kita
selalu semangat dan salam blogger.

Baca juga artikel blog yang lain :
  1. Bentuklah pencitraan diri anda sebelum terlambat
  2. Mengenal fungsi Photoshop
  3. Cara menghilangkan kerutan pada wajah dengan photoshop
  4. waspada Diare Akut pada musim hujan 
  5. teknik berkomentar untuk mendapatkan trafik 100%
  6. cara memulai menganalisa keyword blog 
  7. mempelajari cara berkomentar untuk mendapatkan backlink yang berkualitas 
  8. cara berkomentar pada blog no follow untuk mendapatkan backlink 

2 Responses so far

  1. datang baca kelanjutannya dari kompasiana nih. he he...

    kalo aq udah 7 tahun ngeblog bahkan dapet penghasilan dari adsense sama Affiliate. tapi 14 Valentine kemaren dibanned google deh blog utamaku.

    ngulang ngeblog dari awal lagi nih. dari 0 mas. lam kenal ya mas.

    kalo boleh kunjungi ya blogku di : afridku.blogspot.com

    Salam persahabatan

  2. Akbar Sky says:

    smangat sob... ok salam kenal juga. n makasih dah mau berkunjung ke blog ana gan

Leave a Reply

belajar menghargai merupakan modal keberhasilan