Monday, February 6, 2012

Air Putih Penangkal Penyakit di Musim Hujan

0 komentar
tips musim hujan,tips sehat musim hujan,fungsi minum air putih,fungsi minum air banyak-banyak,tip terhindar dari penyakit,pola hidup sehat musim hujan
Artikel ini merupakan tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan, kini musim hujan telah tiba, sedangkan aktivitas harus berjalan terus, untuk menjaga kesehatan dan stamina serta tidak mudah terserang penyakit. (ciee…. Kayak bahasanya penjual obat)

Dimusim hujan seperti ini, ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang. Baru-baru ini dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, Akbar dari RS Wahidin Sudirohusodo mengungkapkan saat musim hujan tiba, ada banyak penyakit kulit yang bisa timbul dan menjangkiti seseorang. Apalabi dirumah kita sampai kebanjiran, penyakit kulit yang sering timbul saat musim hujan adalah kutu air, jamuran, gatal-gatal dan lain sebagainya.
Dokter Akbar menyarankan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik itu dari dalam maupun dari luar lingkungan, eits jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan badan kita sendiri, entar lingkungan saja yang dijaga tapi diri kita tidak pernah dibersihkan. Itusih sama juga boong dech…
Biasanya air yang tergenang (banjir) membawa bakteri dan kuman penyebab terjadinya penyakit. Tidak hanya penyakit kulit yang menyerang pada saat musim hujan, tetapi juga penyakit seperti flu, demam, diare, disentri, sakit kepala dan lainnya.

tips musim hujan,tips sehat musim hujan,fungsi minum air putih,fungsi minum air banyak-banyak,tip terhindar dari penyakit,pola hidup sehat musim hujan

tips musim hujan,tips sehat musim hujan,fungsi minum air putih,fungsi minum air banyak-banyak,tip terhindar dari penyakit,pola hidup sehat musim hujan

Kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Menurut Dok. Akbar, saat imunitas tubuh menurun, maka penyakit-penyakit tersebut dengan mudah menjangkiti anda.
Salah seorang Dokter spesialis penyakit dalam menambahkan, penyakit diare dan disentri juga paling sering menyerang saat musim hujan. Penyakit diare timbul bisa diakibatkan oleh makanan yang kurang hiegenis, dan lingkungan yang tidak mendukung.
Banyak sekali penyakit yang bisa melanda lingkungan sekitar kita disaat musim hujan. Penyakit yang paling umum timbul pada musim ini antara lain flu, pilek, batuk, diare  dan demam akibat cuaca dingin. Dan yang paling parah yaitu demam berdarah.
Makanan bergizi dibutuhkan untuk menangkal penyakit. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi, daya tahan tubuh menjadi lebih terjaga sehingga penyakit tidak mudah datang dan harus diimbangi dengan senam serta olahraga.
Agar tidak gambar sakit dan tetap beraktivitas, ikuti beberapa tips berikut agar tak terkena penyakit yang mudah menyerang dimusim hujan.
  1. Menjaga pola makan dan asupan nutrisi. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak, karena akan menyebabkan lambung bekerja keras untuk mengelola makanan dan usus lebih sulit menyerap sari makanan. 
  2. Konsumsilah lebih banyak makanan yang bergizi. Gizi yang baik dan tercukupi akan membantu tubuh anda memperkuat antibodi (daya tahan tubuh) untuk memerangi virus atau bakteri penyebab penyakit. 
  3. Berolahraga secara teratur. Usahakan berolahraga secara rutin tiap hari sebelum anda berangkat ke kantor (bekerja), dengan berolahraga maka aliran darah akan lebih lancar sehingga zat-zat gizi dari makanan yang diserap akan tersalurkan ke seluruh tibuh. 
  4. Istirahat yang cukup. Dengan beristirahat berarti memberikan kesempatan kepada tubuh anda untuk memulihkan kondisi setelah bekerja seharian. Anda juga harus sebisa mungkin menghindari stres. Karena stres dapat mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit. 
  5. Cuci tangan. Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalau bisa dengan air hangat. 
  6. Minum banyak air, air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun yang menempel dalam tubuh anda. 
Mungkin itu saja tips kesehatan yang bisa saya sampaikan kepada rekan-rekan, mudah-mudahan bisa diamalkan serta dijalankan.

Leave a Reply

belajar menghargai merupakan modal keberhasilan