Friday, September 3, 2010

Cara Sehat Berbuka Puasa

1 komentar
Cara Sehat Berbuka Puasa

Mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin suatu hal yang baik. Tentu dilakukan secara bertahap, tidak bisa dipaksakan. Pasalnya kondisi pencernaan tiap anak tidaklah sama. Yang terpenting, kesanggupan anak dalam berpuasa itu sendiri, dan juga perhatikan asupan gizinya.

Tidak ada asupan baku untuk mengukur kesanggupan anakdalam berpuasa. Tetapi anda bisa perhatikan dari perkataannya.misalnya si kecil mengeluh merasa lemas, berarti anak sudahlapar. Jangan tunda sampai tubuhnya menjadi lemas, berkeringat dingin, lalu muntah – muntah. Bila ini sampai terjadi, berarti kadar gula darahnya turun atau ia mengalami dehidrasi. Anak merasa lemas, segera batalkan puasanya, dantetap beri dia pujian.

Tidak kalah pentingnya saat berbuka puasa, ataupun asupan makanannya. Jangan biarkananak langsung makan sebanyak-banyaknya dalam porsi besar sekaligus. Hal ini akan mengagetkan system pencernaannya, sehinga menimbulkan rasa sakit di perut. Pertama-tama, beri anakminuman pembuka untuk memulihkan energy, bileh ditambah makanan ringan. Dilanjutkan dengan menyantap makanan utama dalam porsi sedang. Seperti apa pola makan sehat saat berpuasa ?

Dibawah ini merupakan pola makanan sehat pada Bulan Ramadhan antara lain :
Hal yang mesti diperhatikan dalam menyiapkan makanan dan minuman  sehat untuk sahur dan berbuka puasa :
  1. Saat berbuka puasa, beri anak segelas susu hangatyang tidakterlalu manis, minumandingin seperti es buah atau buah-buahan tetap boleh diberikan, asalkan setelah ia minum susu hangat. Dilanjutkan dengan sepotong kudapan kecil yang padat gizi, seperti kroket, pastel, macaroni panggang atau arem-arem. Rasa lapar timbul akibat kadar gula turun, karena itu disarankan untuk makan kurma dan pisang yang tinggi mengandung mineral dan vitamin.
  2. Jangan member makan dan minuman yang merangsang saat berbuka puasa,misalnya yang bercita rasa asam, pedas dan bersantan, karena akanmengganggu kerja lambung.
  3. Sajikan makanan beragam yang mengandung lima unsure gizi lengkap, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. 
  4. Unsure gula pada makanan dan buahmudah diserap oleh tubuh sebagai energy. Sayangnya,gula cepat memulihkan stamina, akan tetapi tak bertahan lama. Pada malam hari, saat senggang, sebaiknya anak diberi makanan lagi. 
  5. Mineral dan zat besi banyak dihatidan limpa sapi. Sajikan saat Ramadhan untuk membantu pembentukan sel darah merah. 
  6. Kemudian pada saat waktu sahur, jangan berikan makanan yang merangsang seperti sambal pedasa atau dingin. 
  7. Variasikan menu makanan agar cukup asupan zat gizinya. Pastikan komposisi terdiri darikarbohidrat, protein dan mineral. 
  8. Cukupikebutuhan cairan anak agar ia tak mengalamai dehidrasi. Sup dan jus buah saat sahur dapat menyuplai asupan cairan dan mineral anak. Perbanyak juga minum air putih. 
  9. Berikan juga makanan berserat saat sahur, seperti beras merah, roti gandum, sayuran dan buah-buahan. Rasa kenyang akan bertahan lama dalam pertu, serta memperlancar proses buang air besar. 
  10. Utamakan makanan sumber protein danlemak, seperti daging, telur, ikan dan kacang-kacangan. Ini menjadi sumber cadanganenergi yagn tahan lama dibandingkan yang tidak berserat.
Aturlah porsi makan anak agar tak sampai terlalu kenyang atau sama sekali takmengundang selera makan. Kurangi minum tehsaat sahur,karena dapat menghambat penyerapan zat besi dan kalsium. Di sampan gitu the juga punya efek pada uretic (menyebabkan sering buang air kecil). Sementara mineral amat dibutuhkan oleh tubuh.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi seluruh umat muslim di bulan Ramadhan ini, agar kiranya ibadah kita pada bulan ini mendapat berkah yang besar bagi kita semua….
Selamat berpuasa.

Tags yang berhubungan dengan artikel diatas : 
Menu Berbuka Puasa, Tips Sehat Berbuka Puasa, Makanan Berbuka Puasa, Cara Berbuka Puasa, Doa berbuka Puasa, Aturan Berbuka Puasa, Ibadah Puasa, Makanan Anak yang berpuasa, Pola Makan puasa

One Response so far

  1. kunjungan balik gan,
    kalo saya sih buka puasa biasanya pake teh hangat, kurma, ama es buah. plus gorengan,he. Thanks gan infonya, baru tahu baca nih...

Leave a Reply

belajar menghargai merupakan modal keberhasilan