Monday, July 19, 2010

Mengevaluasi SEO Blog/Web

1 komentar
Evaluasi SEO Blog/web

Artikel ini hanya sekedar mengingatkan kepada teman-teman tentang satu hal yang jadi keuntungan dalam mengevaluasi SEO Blog/web.
Apakah diantara teman-teman pernah menanyakan apa tujuan dari blog kita ?. Apakah teman-teman pernah mencari tahu tentang apa yang banyak dicari oleh orang sedunia. Hal ini akan semua terjawab dengan menggunakan Google Webmastertool

SEO hanya memiliki satu tujuan, yakni menjadikan situs web memiliki posisi setinggi mungkin dimesin pencari. Bagi pemilik situs web/blog yang menerapkan SEO, mereka biasanya berorientasi pada Google karena google-lah mesin pencari yang paling domainan. Tak heran pulalah, focus artikel-artikel yang membahas soal SEO ada pada Google.
Google tentu tahu kata kunci yang popular. Kita jug abisa tahu. Tapi, kepada siapa yang kita bertanya ? langsung saja kepada Google
Untuk langkah awal sich mungkin hal ini sudah terasa asing bagi teman-teman sekalian, akan tetapi disini saya hanya sekedar mengingatkan kepada teman-teman agar web/blog sekiranya didaftarkan ke webmastertool layanan Om Goolge.
Sebetulnya kenapa harus mendaftar disana ?
Sebelum mulai mengupas tuntas rahasia pada webmastertool, saya sarankan kepada teman-teman agar membaca dulu yang dibawah ini ok :
Artikel ini dibuat dengan antarmuka Google Webmaster Tool yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Jadi akan sedikit berbeda jika teman-teman menggunakan bahasa yang lain.
Pada Google Webmaster ada 4 menu utama yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan SEO blog/web kita.
Yang pertamayaitu konfirgurasi Situs. Menu ini berkaitan dengan cara Google Bot mendaftarkan situsnya teman-teman. Menu ini membuat peta situs agar Google Bot mudah mengetahui struktur situs atau blog kita ketika sudah mengupdatenya.
Kemudian untuk menu yang kedua yaitu menampilkan informasi yang membantu untuk mengevaluasi SEO. Dimenu itu ada pilihan untuk :
  1. Menampilkan daftar kata kunci (Keyword) pencarian yang jadi pintu masuk ke situs web.
  2. Menampilkan daftar situs atau blog yagn menyalurkan pengunjung bagi kit aplus daftar link internal.
  3. Mengetahui kata kunci yang paling banyak digunakan utnuk menemukan situs blognya teman-teman, dan yang terakhir
  4. Statistik pelanggan RSS feed.
Perlu teman-teman sekalian ketahui bahwa untuk menu yang ketiga merupakan diagnostic, tempat kamu bisa mengetahui adanya malware di situs atau blog teman-teman, statistic aktivitas Google Bot dalam rentang waktu tertentu, dan masalah yang mungkin timbul ketika orang berkunjung ke situs web kamu. Disini Google juga memberikan saran berkaitan dengan deskripsi dan tag untuk situs atau blognya teman-teman.
Nah yang terakhir adalah Lab yang berisi fitur-fitur di Google webmaster tool yang masih dalam percobaan, namun sudah dapat digunakan. Fitur yang ada disini cukup hebat. Ambil contoh kinerja situs. Fitur ini berfungsi untuk mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan situs atau blog kita. Dengan ini, kamu bis atahu apakah situs atau blog kita sudah optimal sehingga cepat diload.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Google Webmaster Tool sangat membantu untuk evaluasi teknik SEO yang sudah kamu terapkan. Paling tidak, berdasarkan Google Webmaster Tool, sangat membantu untuk Evaluasi teknik SEO yang sudah Teman-teman terapkan.

One Response so far

  1. red says:

    makasih infonya. gue juga merasakan manfaat dari google webmaster ini

Leave a Reply

belajar menghargai merupakan modal keberhasilan